"Ingin mengenal dunia? Baca! Ingin dikenal dunia? Nulis!"

"Welcome to Dunia Zulfhania".

Friday, September 7, 2012

Tangga Belajar (Tabel)

Ada yang pernah mendengar istilah TANGGA BELAJAR?


Jujur, gue baru mendengar istilah tersebut hari ini. Berkat Bu Rahayu, guru fisika kelas 12 di SMA gue, gue jadi mengetahuinya. Yang masih belum tahu, boleh lihat gambar di bawah ini!


Tangga Belajar



Tingkat pertama, kita berada di tangga 'dengar'. Bila hanya dengan mendengar, kita akan lupa. Maka kita harus naik ke tangga dua, yaitu 'mencatat'. Dengan mencatat, kita akan ingat. Tetapi dengan mengingat saja tak akan cukup. Maka kita harus naik ke tangga tiga, yaitu 'membaca'. Dengan membaca, kita akan tahu. Sekedar tahu saja tak akan bisa, makanya kita naik ke tangga 'coba' agar kita bisa. Setelah bisa, kita harus naik ke tangga 'evaluasi' agar kita paham. Setelah paham, maka kita pun dapat 'menganalisis' di lantai tujuh. Dengan menganalisis tersebut, maka kita dapat menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif. Itulah tangga belajar yang dilalui oleh manusia.


Pertanyaannya adalah berada di tangga manakah kita berada?


Kalau gue sih, jujur aja, masih berada di tangga 'baca' untuk mengetahui. Namun insyaallah sedang proses menaiki tangga 'coba' agar gue bisa :)


Bagaimana dengan kalian? :)



Cheers,

Zulfhania

No comments:

Post a Comment